http://i1003.photobucket.com/albums/af158/robotjapan/Kursor.png

Wednesday 30 January 2013

Mulailah Dari Diri Sendiri untuk selamatkan BUMI

Jika melihat beberapa hal berikut, apa yang ada dalam benak anda?
1. Di Kutub Utara diperkirakan telah terjadi pengurangan lapisan es sebesar 20% sejak tahun 1979
2. Meningkatnya kejadian badai, tornado dan siklon serta berubahnya musim hujan dan kemarau di berbagai belahan dunia.
3. Hilangnya habitat diprediksikan memicu 89% jenis burung dunia terancam punah, diikuti 83% jenis mamalia, dan 91% jenis tumbuh-tumbuhan di dunia. Bahkan IUCN mencatat bahwa sedikitnya 11.167 spesies di muka bumi terancam punah.
4. World Water Development Report (WWDR), sebuah laporan tentang ketersediaan air bersih dunia menyebutkan bahwa setiap harinya sekitar 2 juta ton sampah mencemari wilayah perairan dan produksi limbah cair mencapai 1500 m3. Jika satu liter limbah mencemari delapan liter air bersih, maka setidaknya 12.000 km3 air bersih terkena polusi di dunia.
5. NASA mengumumkan temuan lubang ozon terbesar yang pernah terjadi di antartika yaitu mencapai 3 kali luas negara Amerika Serikat.
Hal-hal yang tersebutkan di atas adalah beberapa contoh kecil dari isu lingkungan global yang terjadi saat ini. Masih banyak permasalahan lingkungan yang ada yang perlu ditanggapi secara serius, dicari solusi yang efektif guna memperlambat bumi dari kehancuran. Tidak harus diawali dengan sesuatu hal yang besar. Hal kecil yang dilakukan secara menyeluruh oleh seluruh pelosok bumi akan memberikan dampak yang besar. Tak perlu muluk-muluk mengajak lewat suara jika kita masih belum melakukan hal penyelamatan bumi yang sederhana dari kesadaran diri sendiri, seperti menggunakan kertas secara bolak-balik, mengurangi penggunaan air kemasan dengan membawa tumbler (tempat minum) sendiri serta membuang sampah sesuai jenis sampahnya. Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menyelamatkan bumi ini? (EAF)

0 comments:

Post a Comment